Selasa, 21 September 2010

Pertanian di Belitung
       Pulau Belitung yang merupakan bagian dari pulau besar sumatera, begitupun juga dengan kondisi keadaan alamnya sehingga kondisi tanah dan pertaniannya pun sama. Pulau Belitung bersama bangka dulu terkenal dengan penghasil ladanya, namun sekarang lada sekarang sudah tergeser dengan pamornya timah di Belitung.

      Dan sekarangpun perkebunan sawit telah menghabiskan banyak lahan di Belitung, dan lada(sahang dalam bahasa belitung)semakin terpuruk. Saat pulang kampung, seperti layaknya orang ramai aku bersilaturahmi ke rumah teman-teman di desa yang sedikit jauh dari kota. sepanjang perjalanan perkebunan sawit yang masih berumur beberapa tahun menghiasi hutan dikiri kanan jalan. Aku pun berhenti dan mengambil beberapa gambar.


       Setelah booming timah mereda, sawit mengambil alih perhatian masyarakat dan hutan mereka. Ribuan hektar hutan dalam beberapa tahun terakhir ini telah menjadi tanaman sawit sehingga jika dilihat dari atas tampak pepohonan sawit terjajar rapi.
       perkebunan sawit merupakan perkebunan milik perusahaan-perusahaan termasuk perusahaan malaysia. Saat bersilaturahmi ke rumah temanku aku sedikit banyak menanyakan tentang perkebunan sawit dengannya, akupun mengajak jalan-jalan sambil melihat-lihat perkebunan disana.
 



halaman lanjutan UMY

Tidak ada komentar:

Posting Komentar